Rabu, 25 Februari 2015

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

http://pengobatanherbalalamigagaljantung96.blogspot.com
Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak diminati. Pada dasarnya, olahraga apapun dapat membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga, tidak terkecuali bersepeda. Apalagi jika Anda bersepeda secara rutin setiap harinya, maka olahraga ini akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Anda bahkan dapat bersepeda kapan saja, bahkan saat menuju ke kantor atau ke sekolah Anda, begitu juga saat pulang. Sepeda bisa Anda gunakan sebagai alat transportasi dan juga alat olahraga dalam sekaligus.


Berikut ini adaalah manfaat bersepeda untuk kesehatan :

1. Dapat mencegah penyakit jantung
Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50 persen. Dan sementara itu bersepeda juga bisa menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengendarai sepeda secara umum menyehatkan, bahkan membuat seseorang kelihatan sekitar 10 tahun lebih muda.

2. Cepat membakar kalori
Bersepeda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam jika dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori bersepeda gunung dimedan berat selama 1 jam. Bahkan Anda sudah bisa membakar lemak sebanyak 5 kg selama setahun, hanya dengan menggunakan waktu setengah jam sehari dengan bersepeda dalam kecepatan sedang
 
3. Membakar lemak dan mempertegas otot
Setiap putaran pedal mencairkan lemak dan memperkuat ketegasan otot-otot di pantat, paha, betis, telapak  dan gelandangan kaki. Bersepeda di atas tanah yang bergelombang atau menanjak akan melatih tubuh atas, karena lebih banyak berat tubuh Anda didukung oleh lengan dan bahu.
 
4. Meningkatkan suasana hati(mood)
Kecemasan, stres, dan depresi semua bisa diatasi dengan bersepeda, yang sebagian karena aktivitas bersepeda itu sendiri juga kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Bersepeda baik untuk kesehatan mental Anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

5. Berdampak cidera rendah
Ketika Anda berada di atas sepeda, sekitar 70 persen  berat badan Anda didukung oleh sadel dan setang, yang secara signifikan mengurangi efek pada lutut dan pergelangan kaki. Dengan demikian bersepeda lebih cocok bagi orang yang memiliki persendian lemah, karena dampaknya lebih rendah daripada ketika mereka berjalan kaki. Hal ini juga lebih mengurangi resiko cedera bagi orang obesitas, daripada jika mereka melakukan olahraga lainnya.
 
6. Bagus untuk meningkatkan stamina
Bersepeda adalah jenis olahraga  low impact. Dengan demikian bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina,  karena Anda bisa mengayuh lebih lama lagi daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki dimana yang membuat Anda lebih cepat lelah. Selain itu, bersepeda juga akan memperkuat jantung dan paru-paru, yang memungkinkan Anda bekerja lebih efisien, sehingga Anda akan merasa lebih mudah melakukannya hingga akhir.
 
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas tingkat moderat, seperti bersepeda, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit termasuk batuk dan pilek. Lebih baik lagi, jika hari-hari ketempat kerja Anda dilalui dengan bersepeda daripada naik angkutan umum (tentunya jika kondisi memungkinkan).

8. Sangat mudah dimasukkan kedalam gaya hidup Anda
Bersepeda merupakan latihan aerobik yang mudah dilakukan secara rutin dalam kehidupan Anda. Anda tidak bisa berenang untuk pergi ke sekolah atau bermain tenis sambil jalan ke bioskop. Jadi bersepeda adalah olahraga yang ideal untuk keluarga, karena bisa dilakukan oleh hampir segala usia, ukuran tubuh dan kondisi. Bahkan dengan bersepeda kita masih mendapatkan keuntungan memperoleh udara segar dan pemandangan yang bebas terlihat.
 
9. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
Cukup hanya dengan duduk di sadel dan menaikkan kaki Anda dari tanah merupakan latihan keseimbangan bagi Anda. Saat berbelok akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh Anda tegak. Sementara itu, mengubah gigi,  atau menggunakan lengan atau kaki juga memerlukan koordinasi. Jangan khawatir jika merasa bergetar pada awal naik sepeda; karena hal ini akan terus meningkat dengan sering melakukan praktek belajar.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang manfaat dari bersepeda semoga bisa bermanfaat untuk anda. Biasakan lah diri anda untuk berolahraga, salah satunya dengan bersepeda, karena dengan berolahraga, maka tubuh anda akan menjadi fit dan juga sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar