Rabu, 04 Maret 2015

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan juga olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Manfaat dari berenang

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat meningkat dengan berenang secara rutin. Penelitian dari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Obesitas
Berenang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Karena dengan berenang, akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.
 
http://pengobatanherbalalamigagaljantung96.blogspot.com3. Menguatkan otot -otot
Orang yang berenang secara teratur memiliki jantung yang kuat dan stamina otot yang lebih baik . Mereka juga mungkin bisa menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif .
 
4. Menghilangkan Stres
Ini adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik .
 
5. Meredakan Sakit punggung
Semenjak berenang diketahui tidak meregangkan jaringan ikat tubuh, itu adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat. Berenang juga bisa membantu individu yang menderita nyeri kaki hingga punggung bagian bawah, arthritis dan osteoporosis.

6. Kehamilan
Kolam renang akan membantu memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bahu. Oleh karena itu, berenang adalah bentuk olahraga yang sangat berguna untuk wanita hamil. Latihan dalam air ini akan meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis telah mengkonfirmasikan bahwa berenang bagi wanita hamil akan mengurangi kerentanan terhadap keguguran jika dilakukan secara teratur . Sebaiknya untuk wanita hamil menggunakan cara berenang yang baik atau dipandu oleh instruktur renang.
7. Kanker Payudara
Para ahli medis menyarankan untuk berenang bagi semua pasien pasca operasi kanker payudara, dalam rangka untuk menguatkan kembali otot-otot yang melemah. Namun disarankan juga bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai berenang .
8. Meningkatkan tinggi badan
Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

9. Membakar kalori
Hanya dengan berenang selama setengah jam, Anda dapat membakar 200-300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang Anda lakukan. Tip: Untuk membakar kalori lebih banyak, lakukan latihan interval. Berenanglah sekuat tenaga sejauh 50 meter, kemudian istirahat selama 10 detik. Lalu berenang lagi sejauh 100, 150-300 meter dengan tetap diselingi istirahat selama 10 detik pada masing-masing checkpoint.

Itulah beberapa manfaat dari berenang, semoga bisa bermanfaat , dan juga bisa menambah wawasan, bagi anda yang membacanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar